Feedburner

Jumat, 30 Januari 2009

KARYAWAN FAVORIT


10 RAHASIA JADI FAVORIT DI TEMPAT KERJA

Siapa tak ingin jadi figur favorit di arena kerja. Tapi hati-hati, jika kebablasan, anda justru jadi figur yang bermasalah. Bagaimanakah kiat jadi favorit luar-dalam? Dalam suatu perusah
aan adalah seorang pekerja yang selalu menjadi favorit, yaitu sebut saja Anita. Staff Marketing yang cerdas ini, sangat pandai menyenangkan kolega kerja. Berbagai cara ia lakukan untuk menciptakan suasana asyik di lingkungan kerjanya. Ia membawa makanan untuk dinikmati bersama, memutar lagu-lagu top barat maupun Indonesia yang bisa menghibur selagi suasana kerja suntuk. Bahkan ia juga rajin mencetuskan guyonan yang memancing tawa meledak. Pendeknya, tak ada Anita, dunia kantor rasanya tak hidup.

Tapi siapa sangka, sebulan kemudian Anita dipanggil atasannya. Bunyi teguran cukup menghantam perasaannya. Dia dianggap terlalu “gaul” di kantor sehingga merusak budaya kerja. Suasana kantor jadi terlalu santai dan penuh canda tawa, melebihi batas wajar suasana kerja pada umumnya. Anita dianggap biang keladi, karena berbagai “keributan menyenangkan” itu bermula dari dirinya. Tentu saja Anita, tidak dapat menerima semua tuduhan yang dilimpakan padanya. Apa yang salah dari menyenangkan orang lain?
Menurut Lois P. Frankel, Ph.D, dalam bukunya yang berjudul “Nice Girls Don’t Get the Corner Office”, mengungkapkan sejumlah kesalahan yang kerap tak sadar dilakukan oleh pekerja wanita. Sifat-sifat dasar wanita yang suka bergaul, bersosialisasi dan penuh keakraban, disinyalir menjadi penyebab turunnya etos kerja wanita karier. Keinginan wanita untuk menjadi pribadi yang menyenangkan di manapun, termasuk jug di kantor, kadang malah merontokkan kaidah profesionalisme kerja di kantor. Hasilnya, “anak gaul” yang paling disukai di lingkungan sosialisasi pun bisa menjadi pegawai yang dicap buruk di tempat kerja.

BAGAIMANA MENJADI FIGUR FAVORIT TANPA MEMBUAT ATASAN MENJERIT? INI DIA KIATNYA!

  1. FOKUS PADA URUSAN KERJA!Inilah tujuan utama Anda bekerja. Konsentrasikan aktivitas di jam kerja dengan mengurus pekerjaan Anda. Kerahkan profesionalisme untuk menyelesaikan semua tugas. Ada kesalahan yang sering dilakukan wanita. Yakni lebih berpikir bahwa di tempat kerja, mereka bisa bergaul, bercanda bahkan melakukan hal-hal di luar urusan kerja! Akibatnya, tanpa sadar pekerjaan kantor justru menjadi side job, dan gaul di kantor menjadi main job!
  2. KERJA BAIK, RESPONS OKE! Tak perlu pusing-pusing memikirkan cara menjadi pegawai favorit di tempat kerja. Sebetulnya dengan menjadi seseorang yang profesional, melaksanakan tugas sesuai dengan aturan main, Anda sudah mencapai posisi “tidak bermasalah”. Jika Anda bisa membuktikan hasil kerja yang baik, respons yang muncul pun, oke!
  3. HARGAI REKAN KERJA! Siapapun di kantor Anda adalah figur yang penting. Tunjukkan sikap penghargaan pada rekan kerja dalam bentuk sikap yang santun, menetapi janji, menghormati tugas masing-masing. Jika Anda menaruh respek pada rekan kerja, dengan sendirinya, mereka juga menunjukkan sikap yang sama.
  4. PEDULI! Menjadi pegawai yang rajin dan serius bekerja saja tak cukup. Seperti halnya dalam bersosialisasi, Anda juga perlu peduli pada lingkungan sekitar. Ada kalanya, Anda melakukan hal-hal yang tidak berdampak langsung pada pekerjaan, melainkan pada pekerjaan orang lain. Sikap peduli pada kesulitan reakn kerja akan menempatkan Anda sebagai pribadi yang punya nilai.
  5. CERMAT PADA KONDISI! Bercanda memang asyik, dan menjadi diri sendiri, siapa tak mau? Tapi bagaimana kalau itu membuat lingkungan kerja jadi “heboh”? Tak ada salahnya sesekali Anda menciptakan kelucuan yang menyegarkan suasana. Tapi, perhatikan situasi dan kondisi. Bagaimana pun Anda harus bertoleransi pada mereka yang tengah terjebak dalam kesibukan kerja yang melilit.
  6. POPULAR TAPI TIDAK MENONJOLKAN DIRI! Meski Anda sudah berhasil menjadi pribadi yang popular di tempat kerja, hindari nafsu untuk menjadi paling menonjol, di luar urusan kerja. Keinginan ini acap kali mendorong Anda keluar dari target kerja Anda sendiri. Percayalah bahwa hal paling penting yang bisa membuat Anda menonjol di kantor adalah prestasi kerja!
  7. MENGENAL DENGAN BAIK SIAPAPUN! Ada teori paling mudah untuk menjadikan Anda mudah diingat orang. Yakni, dengan mengingat orang. Meski tidak harus berteman dengan semua orang di kantor, tapi setidaknya Anda mengenal dan mengetahui nama setiap orang di kantor. Dengan bertegur sapa dan menyebutkan nama mereka, orang akan merasa dihargai.
  8. JANGAN MEREPOTKAN REKAN KERJA! Sekali dua kali Anda minta pertolongan dalam urusan kerja pada rekan kerja, mungkin tidak ada salahnya. Tapi bila Anda sudah identik dengan urusan minta tolong, Anda akan dianggap sebagai sosok yang merepotkan. Di mana pun, sosok seperti ini tidak akan mendapatkan simpati. Usahakan untuk mengatasi sendiri setiap kesulitan dan hanya meminta bantuan bila benar-benar mentok dan membutuhkan pertolongan.
  9. KESAMPINGKAN PERSOALAN PRIBADI! Pada satu kasus, saat Anda menceritakan masalah pribadi di kantor, mungkin rekan kerja akan memberi simpati. Tapi jangan menjadikan itu sebagai agenda rutin. Orang akan menilai Anda sebagai pribadi yang tidak mengerti batasan atmosfer kerja. Simpan masalah Anda untuk diceritakan di luar kantor dengan sahabat dekat!
  10. NETRAL! Tak perlu berpikir untuk berpihak ke kubu ini dan itu, agar menjadi bagian dari lingkup terhormat di kantor. Menjadi pihak netral adalah pilihan yang terbaik. Dengan tidak membela siapa pun dan tidak menghujat siapapun, rekan kerja akan menilai Anda sebagai pribadi yang “aman” dan bisa dipercaya.
HATI - HATI PERANGKAP YANG MENJEBAK

Inilah sejumlah sikap yang kerap menjebak Anda dalam kondisi yang akan merugikan performa kerja Anda. Celakanya, kaum wanita lebih banyak melakukan kesalahan ini!

1). TIDAK ENAKAN DENGAN TEMAN
Anda tidak enak jika diajak ke kafe di siang hari menolak, atau beringsut ke mal di tengah jam kerja. Padahal itu jelas-jelas merugikan pekerjaan Anda. Apalagi jika tugas sedang menumpuk.

2). BERSKAP BAK DEWA PENOLONG
Karena ingin jadi rekan yang disukai, Anda selalu siap sedia membantu. Sikap Anda akhirnya sering dimanfaatkan mereka yang menyadari “untungnya” berteman dengan Anda.

3). MENJADI PUSAT PERHATIAN
Menikmati sorotan di lingkungan kantor. Jangan salah, ini bukan saja membuat kebaikan Anda jadi menonjol, tapi juga membuat kesalahan kecil yang tak perlu diketahui, menjadi transparan!


  • Silahkan klik Download...gratis
  • Tidak ada komentar:

    Feedo Style