Feedburner

Jumat, 30 Januari 2009

MOTIVASI


STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI

Apabila Anda bekerja sebagai staf public relations, employee relations atau di bagian personalia, tak ada salahnya membangkitkan motivasi kerja rekan-rekan lain yag kelihatan "loyo".
Cara berikut bisa mulai Anda terapkan :

  1. Selalu berikan dukungan secara konsisten. Selain dukungan, kata-kata yang dapat membangkitkan semangat juga dapat diucapkan. Oh, ya, jangan hanya melakukannya sekali saja. Berikan dukungan setiap kali ada yang berprestasi.
  2. Terapkan disiplin dan pemberian "hukuman" yang efektif. Kalau saat berprestasi beri hadiah, bila melakukan kesalahan beri hukuman.
  3. Perlakukan karyawan dengan "fair". Jangan sampai ada seorang anak emas di antara sekian banyak orang yang bekerja di tempat yang sama. Perlakukan yang berbeda antara yang satu dengan lainnya justru akan menciptakan suasana tak menyenangkan di kantor.
  4. Kenali dan penuhi kebutuhan karyawan. Tentunya semua karyawan memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Kalau bisa dikenali jenis-jenisnya, tentu perlakuan adil bisa diterapkan.
  5. Tetapkan sasaran kerja yang realistis dan operasional. Sasaran yang terlalu muluk justru membuat patah semangat, bahkan sebelum memlainya.
  6. Ciptakan pekerjaan yang senantiasa terstruktur. Meskipun struktur dan birokrasi terkesan menyulitkan dan membosankan, dengan cara ini pembagian kerja bisa lebih merata.
STUDI TENTANG MOTIVASI
Antara Teori dan Praktek Beragam studi dan penelitian telah dilakukan para pakar untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi karyawan dalam bekerja. Salah satu studi terpenting tentang motivasi adalah apa yang telah dilakukan oleh The Minneapolis Gas Company di Amerika Serikat. Studi tersebut dilakukan selama 20 tahun (dari tahun 1945 sampai 1965), dan melibatkan sekitar 44.000 karyawan pria dan wanita. Berbeda dengan dugaan sebelumnya, berdasarkan hasil studi ini ditemukan kenyataan bahwa masalah gaji dan tunjangan bukanlah faktor utama pengharapan mereka dalam bekerja. Dengan kata lain, uang bukanlah faktor penentu dalam meningkatkan dan menurunkan motivasi. Tiga faktor yang dianggap penting berdasarkan studi di atas adalah kemungkinan untuk berkembang, jenis pekerjaan dan apakah mereka dapat merasa bangga menjadi bagian dari organisasi tempat mereka bekerja. Mungkin saja Anda akan berkilah bahwa studi di atas kini telah dapat digolongkan kadaluarsa, dan Mineapolis Gas Company bukanlah organisasi yang berlokasi di Indonesia. Namun tunggu dulu. berbagai kajian dan studi lanjutan mengenai motivasi kerja menunjukkan hal yang senada.

Berikut ini kami intisarikan beberapa aspek yang berpengaruh terhadap motivasi kerja seseorang, berdasarkan beberapa hasil penelitian para pakar manajemen :
  • Rasa aman dalam bekerja.
  • Gaji yang adil dan kompetitif.
  • Lingkungan kerja yang menyenangkan.
  • Penghargaan atas prestasi kerja.
  • Perlakuan yang "fair" dari manajemen.
  • Keterlibatan dalam pembuatan keputusan.
  • Pekerjaan yang menarik dan menantang.
  • Kelompok dan rekan-rekan kerja yang menyenangkan.
  • Kejelasan akan standar keberhasilan dan output yang diharapkan.
  • Rasa bangga terhadap pekerjaan dan organisasi. Amati dan analisa apa yang terjadi dan dirasakan oleh para karyawan dalam organisasi Anda.
Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mengetahui dengan tepat apa yang dirasakan oleh karyawan Anda:
  • Observasi.
  • Wawancara, baik secara formal maupun informal.
  • Menyebabkan kuisioner.
  • Melakukan jajak pendapat dengan melibatkan pihak ketiga yang kompeten.
Apapun metode pengumpulan data yang Anda lakukan, yang harus Anda pastikan adalah objektivitas dan validitas dari data-data yang didapat. Seperti seorang dokter, Anda harus mendiagnosis "penyakit" yang ada secara akurat. Baru kemudian berikan "obat" yang manjur untuk mengobati penyakit tersebut. Apabila gejala penyakit pada organisasi Anda sudah terdeteksi, segera lakukan pengumpulan data yang tepat yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan organisasi Anda. Berdasarkan data itu, lakukan upaya "penyembuhan" agar motivasi bangkit dan meningkat.

  • Silahkan klik Download...gratis
  • Tidak ada komentar:

    Feedo Style